Trial
Opening Account
Download Apps

Saham

Apa itu saham?

Jenis Rekening

Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Membeli saham berarti menjadi bagian dari pemilik perusahaan dimaksud.

Memiliki saham sebuah perusahaan maka memiliki hak klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan.

Di pasar saham Indonesia, sesuai kebijakan Bursa Efek Indonesia (BEI), transaksi jual dan beli saham dilakukan dalam satuan lot. Satu lot berisi 100 saham.

 
Mengapa Saham?
  • Saham pilihan tepat untuk investasi jangka panjang. Menjadi sumber penghasilan saat memasuki usia pensiun atau sebagai tabungan untuk memenuhi kebutuhan lain di masa depan.
  • Sebagai cara menjadi bagian dari pemilik sebuah perusahaan. Dalam konteks lebih luas, saham merupakan instrumen untuk menyebar dan membagikan keuntungan perusahaan kepada masyarakat yang menjadi pemilik sahamnya.
  • Latar belakang (history) pertumbuhan positif investasi saham menjadikan nilai aset atau harta dimiliki tidak tergerus kenaikan angka inflasi.
  • Saham merupakan produk investasi paling likuid. Bisa beli dan jual kapan saja sesuai strategi investasi. Bisa berpindah dari saham satu perusahaan ke saham perusahaan lainnya setiap saat pada jam perdagangan saham berlangsung.
  • Risiko pada investasi saham bisa diminimalisir dengan memerkaya informasi dan pengetahuan.
 

Keuntungan Saham

Dividen
Pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan pada periode tertentu. Dividen diberikan setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS.

Capital Gain
Selisih antara harga beli dan harga jual. Contoh: beli saham ABCD Rp 1.000 per saham kemudian harganya naik dan dijual pada harga Rp 1.500 per saham. Terdapat keuntungan Rp 500 per saham.

Risiko Saham

Capital Loss
Kebalikan dari Capital Gain. Di pasar sekunder, harga saham akan mengalami fluktuasi, naik dan turun. Menjual saham pada harga lebih rendah dibandingkan harga saat beli adalah Capital Loss.

Likuidasi
Perusahaan dinyatakan bangkrut oleh pengadilan atau perusahaannya dibubarkan. Bukti kepemilikan saham bisa menjadi klaim untuk mendapatkan bagian dari sisa asset perusahaan.

 

Rekening Saham Regular

Rekening saham yang dibuka atas nama investor dan digunakan untuk memfasilitasi transaksi jual beli di pasar modal.

Rekening Saham Margin

Rekening untuk membeli saham dengan meminjam sejumlah uang dari perusahaan sekuritas. Pinjaman tersebut dijamin dengan collateral (agunan) berupa saham-saham yang ada di rekening investor.